HP dari Luar Negri Wajib Mendaftarkan Nomor IMEI ke Bea Cukai

KBRN, Nunukan: Tingginya kunjungan masyarakat Nunukan ke luar negri sangat berpotensi melakukan pembelian telepon genggam atau hand pond, berdasarkan ketentuan HP yang dibeli dari dari luar negri terlebih dahulu wajib mendaftarkan nomor IMEI ke Bea Cukai, berlaku untuk pembelian secara pribadi atau jasa pengiriman.

Kasi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Nunukan Sri Hardiwiyatno menjelaskan, setiap IMEI hp yang tidak terdaftar di Kementerian Perindustian akan diblokir dan tidak dapat menggunakan jaringan seluler yang ada di indonesia.

Mendaftarkan nomor imei HP ke bea cukai sangat mudah dilakukan dengan ketentuan setiap pemilik hp dari pembelian di luar negeri wajib memiliki IMEI HP aktif di indonesia.

“Syarat pendaftaran paling lambat 60 hari setelah kedatangan penumpang dengan membawa kelengkapan paspor beserta HP yang akan didaftarkan. Jumlah maksimum daftar IMEI adalah dua unit hand phond satu penumpang,” Terang Hardi, Kamis (26/5/2022).

Bayar bea masuk dan pajak sesuai varian HP. Cara daftar IMEI dapat melalui aplikasi maupun website. Pendaftaran menggunakan aplikasi resmi dengan mengunduh mobile bea cukai di google play store, memasukkan merek dan tipe dari produk serta nomor IMEI,

sedangkan cara daftar melalui website dengan cara membuka beacukai.go.id/register-imei.html pada browser, masukkan merek dan tipe dari produk, masukkan nomor IMEI. Saat disetujui, nomor IMEI HP akan terdaftar di Kemenperin dan bisa digunakan di Indonesia. mm

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar