Wakil Bupati Nunukan Hanafiah Menyampaikan Keadaan Nunukan Yang Rawan Barang Selundupan

KBRN NUNUKAN : Nunukan adalah Kabupaten yang wilayahnya berbatasan langsung dengan negara bagian Sabah dan Sarawak Malaysia, masyarakatnya sangat beragam, terdiri dari berbagai suku, etnis dan agama yang hidup rukun dan sangat dinamis, demikian Wakil Bupati Nunukan Hanafiah sampaikan kepada Tim Subdit A.3 Dir A Jam Intel Kejagung saat melakukan tatap muka bersama pemuka agama di Nunukan. 

Kabupaten Nunukan adalah pintu gerbang negara tempat keluar masuknya Warga Negara Malaysia dengan berbagai kepentingan masing-masing, demikian pula sebaliknya mobilitas warga di Kabupaten Nunukan yang keluar masuk menuju Malaysia juga sangat tinggi. 

'Selain karena hubungan bisnis, saling kunjung-mengunjungi itu disebabkan oleh adanya hubungan kekerabatan diantara sebagian masyarakat di Kabupaten Nunukan dengan warga Malaysia, ' terangnya. Kamis (26/5/2022). 

Sebagai perlintasan dengan berbagai dinamika kepentingan masing-masing, Kabupaten Nunukan juga memiliki tingkat kerawanan yang tinggi. Selain itu dikenal sebagai pintu masuknya narkoba dan obat-obatan terlarang, barang-barang selundupan, trafficking sampai dengan para pelaku terorisme. 

'Semua jenis kejahatan, dari yang kecil sampai yang besar semuanya ada di Nunukan, bagi aparat penegak hukum Nunukan merupakan wilayah kompleks dan menantang. Salah seorang perwira di Polres Nunukan pernah menyampaikan bahwa jika ingin banyak belajar tentang berbagai kasus kejahatan, Nunukan adalah tempat yang paling pas, ' ujarnya lagi. 

Keadaan Kabupaten Nunukan merupakan realita yang tidak perlu ditutupi-tutupi, karena sudah menjadi rahasia umum dan diketahui bersama. Realita, bahwa di balik potensinya yang sedemikian besar, ada juga kerawanan yang harus diwaspadai berkaitan hal tersebut kepada Kejagung RI diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Nunukan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar