Arilka Membuat Dokumenter Berjudul Pelosok Budaya Lesatikan Budaya Tidung

KBRN, Nunukan: Pengaruh budaya asing dan kemajuan teknologi saat ini banyak berpengaruh terhadap budaya daerah khususnya di Kabupaten  Nunukan, terlihat dari kebiasaan anak muda Nunukan saat ini lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan gedget dan media sosial.

Anak Muda Millenial Jurusan Multimedia Kelas 11 Smk Nunukan Selatan Muhammad Arilka yang masih memiliki kepedulian terhadap budaya lokal Tidung, telah sukses membuat satu film dokumenter berjudul Pelosok Budaya, film tersebut menceritakan seorang anak muda dijaman modern yang tidak lagi mencintai budaya sendiri bahkan sudah terpengaruh budaya asing dan pengaruh  gedged.

“Saat pandemi Saya mendapat tawaran dari sekolah untuk membuat film dokumenter berjudul pelosok budaya yang yang menceritakan tarian  khas tidung, batik tidung dan rumah adat tidung,” ungkap Arilka, selasa (17/5/2022).

film dokumenter tersebut sangat kental dengan Budaya Tidung diperankan Muhammad Yusuf, sebagai sutradara, Aril mengajak anak muda millenial tetap mengembangkan bahasa Tidung dan dan melestarikannya termasuk bahasa Tidung yang sudah banyak tersebar di Negara tetangga Filippina, Singapura dan Malaysia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar