Syarat Wajib, Jamaah Haji Nunukan Jalani Pemeriksaan Kesehatan

KBRN, Nunukan: Puluhan calon jamaah haji Nunukan mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Nunukan pada Selasa, (17/05/2022) sebagai salah satu syarat wajib untuk menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Mekah.

Plt. Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, H. Sayid Abdullah, S.H. menyebut jika jamaah yang akan menunaikan ibadah harus dalam keadaan sehat. 

"Ada beberapa jenis penyakit yang ketika diderita oleh jamaah maka akan ditunda keberangkatannya seperti ginjal dan TBC", ungkap H. Sayid.

Pemeriksaan kesehatan jamaah haji tahun ini berbeda dari sebelumnya karena para jamaah diminta terlebih dahulu untuk melunasi biaya perjalanan ibadah haji. Hal itu dikarenakan waktu yang diberikan untuk melakukan pelunasan sangat terbatas.

"Kalau dulu kan nanti setelah hasilnya keluar bahwa dinyatakan sehat lalu melunasi, sekarang ini melunasi dulu karena waktunya mepet", jelasnya. 

Sayid berharap seluruh jamaah haji Nunukan yang berjumlah 52 orang dalam keadaan sehat, sehingga kuota Nunukan terisi seratus persen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar