Umat Budha di Nunukan Merayakan Hari Raya Waisak 2566

KBRN NUNUKAN : Umat Budha hari ini di Kabupaten Nunukan merayakan hari raya Waisak 2566 di Vihara Sasana Graha. 

Guru Agama Budha Hardani mengatakan perayaan Tri Suci Waisak diperingati dengan tiga peristiwa penting, pertama lahirnya Pangeran Sidharta Gautama, kedua Pangeran Sidharta mencapai penerangan agung menjadi Budha di Budha-Gaya, ketiga Budha Gautama parinibbana (Wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun, pada tahun 543 S.M. Dan itu diperingati seluruh umat Budha yang ada di dunia. 

Ia melanjutkan tahun ini Sangga Terawada Indonesia mengambil tema 'Modernisasi beragama membangun kedamaian, ' Tri Suci Waisak adalah sebuah hari baik yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang baik. 

'Walaupun pada saat pandemi ataupun sekarang kegiatan-kegiatan yang kami laksanakan sebagai salah satu bentuk perayaan Tri Suci Waisak tetap sama yaitu misalnya bakti sosial, saling berbagai ataupun pangsen, ' jelasnya. Senin (16/5/2022). 

Ia juga menyampaikan jika di tahun ini diberi kelonggaran untuk merayakan Tri Suci Waisak tanpa ada pembatasan, seluruh umat Budha di Nunukan bisa datang bersama-sama untuk merayakan Tri Suci Waisak. Dengan harapan sebagai umat beragama saling bersinergi dengan mengembangkan cinta kasih dan kasih sayang, bukan melihat perbedaan tapi melihat persamaan sehingga tercipta toleransi antar umat beragama. 

'Harapan kita pandemi ini agar segera berakhir sehingga umat Budha yang ada di Nunukan ataupun di seluruh Indonesia ini bisa mengembangkan bisa menjalankan ritual keagamaannya sebagai salah satu upaya meningkatkan keyakinan kepada Budha, Dharma dan Sangga, ' katanya lagi. 

Ia menambahkan umat Budha yang datang beribadah sebanyak 100 orang, jumlah tersebut mewakili seluruh umat Budha yang ada di Nunukan mulai dari anak kecil, remaja, dewasa dan orangtua. Sedangkan untuk pesan khusus tahun ini bagi umat Budha untuk bisa menjalankan agamanya, keyakinannya dan bisa mengembangkan toleransi yang didasari oleh cinta kasih dan kasih sayang agar terciptanya kerukunan antar umat beragama. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar