Pangkas Pohon Pelindung Jalan, Hindari Kecelakaan

KBRN, Nunukan: Pohon Pelindung Jalan yang banyak ditanam di bahu-bahu jalan banyak memberikan manfaat, selain artistik pohon pelindung juga dapat mengurangi terik panas bagi pengendara yang lewat.

Namun demikian, pohon pelindung bisa menjadi musibah bagi pengguna jalan, kalau pohon pelindung sudah tumbuh membesar dan dahannya sudah menutupi sisi jalan disebelahnya.

Pada Jumat pagi (13/5) Dinas Lingkungan Hidup melakukan pemangkasan dahan pohon yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi pengendara maupun pengguna jalan lainnya. Kepala Bidang RTH dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Nunukan, Marthen yang melakukan pengawasan pemangkasan mengatakan, "Pemangkasan pohon dilakukan untuk mengantisipasi bahaya saat terjadi cuaca buruk,"; Ujarnya.

" Ini sudah tugas kami (DLH) melakukan pemangkasan pohon yang dianggap bisa membahayakan pengguna jalan, seperti pohon yang ada jalan sungai Sembilang ini sudah harus dipangkas untuk mengantisipasi terjadinya musibah saat cuaca buruk, hujan dan badai," terang Marthen, Jumat (13/5/2022).

Dari pantauan RRI.co.id sedikitnya 20 kru diturunkan pada pemangkasan tersebut. Satu orang bertugas melakukan pemangkasan menggunakan alat potong Senso dan yang lainnya bertugas memberhentikan pengendara yang lewat saat pemotongan dahan dan ranting. (mm).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar