Dialog Interaktif bersama Wamenkumham, Gubernur Kaltara Minta Kanwil Kemenkumham kaltara Segera Dibangun

KBRN, Nunukan : Zainal Arifin Paliwang, Gubernur Kalimantan Utara, bersama Sofyan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil) Kalimantan Timur dan jajaran Kantor Wilayah Kemkumham Kalimantan Timur serta instansi terkait mengikuti dialog interaktif bersama Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Kamis (27/1/2022).

Dialog interkatif bersama Wakil Menteri Hukum dan HAM RI digelar dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-72 yang dilaksanakan berpusat dari Lobi Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM Jakarta.

Menteri Hukum dan HAM RI, yang diwakili oleh Edward Omar Sharif Hiariej, Wakil Menteri Hukum dan HAM RI (Wamenkumham RI) membuka dialog interaktif bersama Gubernur Kaltara dan Kakanwil Kemenkumham Kaltim serta tokoh masyarakat Sebatik.

Dalam dialog tersebut Zainal mengungkapkan bahwa dari semua Provinsi yang ada di Indonesia hanya Provinsi Kalimatan Utara yang belum memilki Kantor Wilayah Kemenkumham “Kami sangat membutuhkan adanya Kantor Wilayah Kemenkumham yang ada di Kalimantan Utara, karena hanya kami ( Provinsi Kalimantan Utara) yang belum memiliki Kantor Wilayah Kemenkumham,” ungkap Zainal.

Sebagai tambahan Gubernur Kaltara berharap pembagunan fasilitas berupa Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltara dan pembagunan Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) untuk Lapas dan Imigrasi segera dibangun.

“Kami sudah berkomunikasi bersama Bupati Bulungan terkait rencana pembangunan Lapas Tanjung Selor dan juga kami telah bertemu Kepala BP2MI bahwa kami perlu dibangunnya Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) di Sebatik. Harapan kami semoga di Provinsi baru ini bisa terbangun fasilitas tersebut”, harap Gubenur Kaltara.

Menanggapi hal tersebut Edward menjelaskan pihaknya akan terus berkoordinasi agar fasilitas pelayanan Kemenkumham di Provinsi baru dapat segera terwujud mengingat Pandemi Covid-19 yang masih melanda.

“Seperti yang kita ketahui bersama, pembangunan pada satu Provinsi baru itu kita membutuhkan waktu, terlebih sekarang kita masih dihadapi dengan pandemi membuat pembangunan sedikit terlambat, tetapi akan terus berkoordinasi agar pelayanan kemenkumham di Provinsi Kaltara bisa berjalan dengan baik dengan pembangunan Kantor Wilayah disertai dengan pembangunan Lapas dan Kantor Imigrasi”, jelas Edward.

Lebih lanjut Wamenkumham menjelaskan pentingnya kehadir negara selaku fasilitas pembangunan negara dalam upaya menjaga kedaulatan NKRI.

“Disini pentingnya kehadir negara untuk segera membangun Kantor Imigrasi di daerah perbatasan (Nunukan) yang nantinya akan membawahi PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Sei Nyamuk di Kecamatan Sebatik yang merupakan wujud nyata kita dalam menjaga kedaulatan NKRI”, tutup Wamenkumham.

Diakhir dialog bersama Wamenkumham, Gubernur Kaltara mengucapkan Selamat Hari Bhakti Imigrasi ke-72. Semoga Imigrasi sukses selalu Imigrasi Indonesia, tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar