Hanya Bisa Dijangkau Pesawat, Penerbangan ke Krayan Disubsidi 5,6 Milyar

KBRN, Nunukan: Pemerintah Kabupaten Nunukan mengalokasikan anggaran sekitar 5,6 Milyar rupiah untuk subsidi ongkos angkut (SOA) penumpang tujuan Nunukan-Long Bawang, Krayan pada tahun anggaran 2022. Bupati Nunukan, Asmin Laura mengatakan wilayah Krayan hanya bisa dijangkau dengan pesawat udara, sehingga pemerintah mengalokasikan anggaran untuk membantu masyarakat di wilayah itu. Dari anggaran tersebut dialokasikan untuk 350 flight selama setahun, 300 flight diantaranya merupakan reguler dan 50 ekstra flight.

"Kita tau hanya ini akses yang bisa dijangkau, tidak ada pilihan lain, sehingga pemerintah tetap komitmen untuk mengalokasikan setiap tahun", ungkap Laura usai melaunching penerbangan SOA penumpang di Bandara Nunukan pada Selasa, (25/01/2022).

Adanya subsidi ongkos angkut penumpang ini meringankan biaya transportasi masyarakat sekitar satu juta rupiah per orang. Harga normal penerbangan tujuan Nunukan-Long Bawan sebesar 1,4 juta rupiah, namun dengan adanya subsidi ongkos angkut ini, penumpang hanya membayar sebesar 490 ribu rupiah.

"Hanya sepertiganya yang dibayar masyarakat, semoga semuanya berjalan lancar dan masyarakat kita bisa melakukan aktifitas ke wilayah ibukota kabupaten", ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam Sekertariat Daerah Kabupaten Nunukan, Mukhtar mengatakan, selain SOA dari APBD yang melayani penerbangan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu, juga ada bantuan SOA dari APBN yang melayani penerbangan pada hari Senin, Rabu dan Jumat. Penerbangan dilakukan setiap hari, kecuali hari Minggu dan menyesuaikan kondisi cuaca.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar