Harga Ayam Potong Naik 40 Ribu Perkilogram

KBRN, Nunukan: Sejak 15 Januari harga ayam potong naik 40 ribu perkilogram karna kurangnya ketersediaan daging ayam ditingkat penyalur, Akibatnya harga jual daging ayam naik 3 ribu perkilogram yang sebelumnya pada harga jual 27 ribu  dan tertinggi 28 ribu. Kurangnya stok daging ayam potong tersebut, penyalur dan pernak ayam Haji Sunardi mengungkapkan, meskipun stok daging ayam kurang tetapi ketersediaan daging ayam potong selalu terjaga tidak sampai kosong sama sekali, yang bisa berakibat terhadap kebutuhan pokok masyarakat.

“Kekosongan stock daging ayam di Nunukan disebabkan jarak pengiriman anak ayam berumur satu hari (doc) kalau kosong bahkan bisa dipasok dari KTT, Berau, untuk memenuhi stok penjualan eceran,” Ungkap Haji Sunardi, Selasa (18/1/2022).

Meskipun memilki usaha pembesaran ayam potong sebanyak 14 kandang ayam yang berisi rata –rata 3 ribu ekor perkandang namun dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat Nunukan sering kali tidak mencukupi, sebagai penyalur Haji Sunardi mendatangkan daging ayam dari Malaysia ,Tarakan hingga Berau. Haji Sunardi mengakui kendala yang banyak ditemui dalam usaha ternak ayam terkendala karna kondisi geografis di Pulau Nunukan yang hanya bisa menggunakan transportasi laut untuk menjangkau sentra ayam potong seperti Makassar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar