SOA Barang Melalui Sungai Alami Peningkatan

KBRN NUNUKAN : Pemerintah Kabupaten Nunukan melakukan Subsidi Ongkos Angkut (SOA) Barang melalui Sungai dengan program stabilitas harga barang kebutuhan pokok dan barang penting. 

Pengawas Perdagangan Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Nunukan Abdul Rahman menjelaskan pada tahun 2022 ini untuk Subsidi Ongkos Angkut Sungai alami peningkatan jumlah barang yang akan dikirim sebanyak 29 ribu 997 kilo, yang sebelumnya hanya 20 ribu, demikian juga anggaran menjadi 235 juta 56 ribu 560 rupiah. 

"Kalau volumenya meningkat,  ada peningkatan kemudian kalau sasaran kita yang dituju sama. Ketiga Kecamatan yaitu Kecamatan Ogong, Kecamatan Pansiangan, Lumbis Hulu," jelasnya.  Senin 17/1/2022).

Abdul Rahman menyampaikan dengan adanya peningkatan jumlah barang melalui SOA ini maka kapasitas kapal yang mengangkut maksimal 1 ton, bertambah juga jumlah angkutan yakni 30x pengangkutan. 

"Sebenarnya kalau melihat kebutuhan saudara-saudara kita disana itu memang kurang, tetapi kita paham bahwa selain Kabupaten juga ada SOA dari Provinsi yang masuk di daerah Kecamatan Lumbis dan sekitarnya di sana, " ujarnya. 

Ia pun berharap dengan SOA Sungai masyarakat di wilayah perbatasan dapat menikmati dan memenuhi harga barang,  yang tidak terlalu tinggi. Karena dihitung angkutan sungainya melalui Sungai Ular, Kecamatan Seimanggaris, kemudian fasilitas darat dan lanjut lagi melalui Sungai. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar