Usai Ijab Kabul, Pasutri Dapat Tiga Dokumen Negara Sekaligus

i

KBRN, Nunukan: Masyarakat Kabupaten Nunukan yang akan melangsungkan pernikahan kini dimudahkan dalam pencatatan administrasi kependudukan dengan mendapatkan tiga dokumen negara sekaligus setelah akad nikah. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, H. Muhammad Ramli mengatakan, jika selama ini, pasutri hanya mendapatkan buku nikah setelah dinyatakan sah sebagai suami istri, maka mulai tahun 2022 ini, akan mendapatkan tambahan dokumen negara berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang baru dan Kartu Keluarga secara langsung.

"Jadi, setelah dinyatakan sah, maka statusnya di KTP akan berubah sebagai istri atau suami serta sudah memiliki KK", ungkap H. Ramli pada Senin, (17/01/2021).

Pelayanan ini dilakukan bekerjasama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan menyikapi banyaknya persoalan yang timbul di masyarakat dalam hal dokumen negara, khususnya pasangan suami istri yang muda.

"Biasanya setelah menikah, kadang lupa urus perubahan status di KTP dan KK, sehingga pada saat mau melahirkan, akan bingung, inilah kami coba tingkatkan pelayanan dengan memberikan kemudahan", tambahnya.

Setelah pasutri mendaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) di wilayah masing-masing, maka data tersebut akan dilaporkan ke Disdukcapil untuk dilakukan perubahan. Selanjutnya, dokumen tersebut akan diberikan bersamaan dengan buku nikah setelah dinyatakan sah sebagai pasangan suami istri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar