Tekan Perceraian, Mediasi Dilakukan di Tingkat KUA

KBRN, Nunukan: Tingginya angka perceraian di Kabupaten Nunukan menjadi perhatian khusus Kementerian Agama dalam memberikan nasihat pernikahan bagi pasangan suami istri untuk menghindari terjadinya perceraian. Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, H. Ramli Mahmud, pihaknya akan melakukan mediasi di tingkat KUA sebelum perkara tersebut dibawa ke pengadilan. Hal itu dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mempertahankan pernikahannya.

"Kalau perceraian tinggi artinya keberadaan KUA dipertanyakan", ungkapnya pada Senin, (06/12/2021).

Selama ini, jika terjadi masalah dalam rumah tangga, masyarakat langsung ke kantor Pengadilan Agama, sehingga ke depan akan diarahkan agar persoalan rumah tangga, terlebih dahulu dimediasi oleh pihak KUA setempat untuk meminimalisir terjadinya perceraian.

"Masyarakat kan sekarang setiap ada masalah rumah tangga, langsung gugat ke pengadilan, maka di sinilah peran KUA memberikan nasihat pernikahan kepada keluarga yang berselisih paham", paparnya.

Selain pembinaan kepada pasangan suami istri yang mengalami persoalan rumah tangga, Kantor Urusan Agama (KUA) juga diminta meningkatkan pembinaan kepada pasangan calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar