"Si Pesut" Permudah Layanan Adminduk

KBRN, Nunukan: Dalam upaya efisiensi waktu dan biaya, Pengadilan Agama Nunukan meluncurkan inovasi berupa Si Pesut atau Sistem Informasi Petikan Putusan berbasis digital. Ketua Pengadilan Agama Nunukan, Muhammad Ridho mengungkapkan selama ini putusan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Agama disampaikan ke KUA secara manual sehingga membutuhkan waktu dan biaya operasional yang tinggi mengingat letak geografis Kabupaten Nunukan yang sulit dijangkau antar kecamatan yang satu dengan kecamatan lainnya. 

Melalui Si Pesut tersebut, instansi yang membutuhkan data atau informasi yang dikeluarkan oleh Pengadilan Agama dapat diakses dengan mudah, tanpa harus menunggu salinan putusan secara manual dari Pengadilan Agama Nunukan.

"Kalau selama ini kita mengirim berkas ke KUA dan Disdukcapil dengan menggunakan kertas dan dikirim melalui Kantor POS, berkasnya bisa cepat bisa lambat sampainya ke tujuan", ungkap Muhammad Ridho pada Senin, (29/11/2021).

Dalam aplikasi tersebut, semua putusan Pengadilan Agama Nunukan dapat dilihat secara rinci, sehingga data yang didapatkan dapat diperbarui setiap bulannya. Hal ini mempermudah KUA dan Disdukcapil dalam melakukan pendataan dan perubahan data kependudukan.

"Kalau misalnya yang dicari putusan cerai, maka Disdukcapil dapat melakukan perubahan status di KTP, masing-masing", jelasnya.

Ridho menilai, melalui aplikasi tersebut pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan dengan cepat dan tepat, karena data yang dibutuhkan KUA dan Disdukcapil sudah dapat diakses secara online, sehingga tidak lagi menunggu data manual dari Pengadilan Agama Nunukan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar