Geografis, Luas Dan Karakteristik Berpengaruh Dalam Upaya Pengembangan SDM Berkualitas

KBRN, Nunukan : Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid  dan Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah,Kamis (21/10/2021) mengikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintah Dalam Negeri secara virtual yang berlangsung di Ruang VIP Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan.

Hj. Asmin Laura Hafid dalam acara pembekalan kepemimpinan dalam negeri tersebut mengatakan bahwa penduduk usia produktif harus menjadi sumber daya manusia yang unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan yang mampu menciptakan dan diserap lapangan kerja.

"Ini agar penduduk usia produktif benar - benar menjadi bonus demografi dan modal bagi kebangkitan ekonomi, karna tanpa pendidikan dan keterampilan yang baik, penduduk usia produktif akan menjadi generasi tidak produktif", ungkapnya.

Terkait sumber daya manusia di tahun 2020, capaian IPM di Kabupaten Nunukan sebesar 65,79 persen masih berada dibawah capaian provinsi kaltara (70,63) dan capaian IPM Nasional (71,94).

Geografis, luas dan karakteristik wilayah serta sebaran penduduk yang sangat mempengaruhi upaya penguatan sistem kesehatan, pendidikan dan upaya pemenuhan infrastruktur pelayanan dasar merupakan faktor yang mempengaruhi dalam upaya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing.

Foto : Diskominfotik Nunukan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00