Harga Rumput Laut Tinggi, Penjualan Perahu Ikut Meningkat

Pembuatan perahu jongkong di Sedadap, Kecamatan Nunukan Selatan

KBRN, Nunukan: Harga rumput laut di Kabupaten Nunukan yang terus mengalami peningkatan drastis yang saat ini mencapai 34 ribu rupiah per kilo gram, berdampak pada meningkatnya penjualan perahu kayu. Salah seorang pembuat perahu di Sedadap, Kecamatan Nunukan Selatan, Ahmad (50) mengaku saat ini pelanggan terpaksa mengantri karena membuat satu unit perahu membutuhkan waktu satu bulan.

"Iya, kalau bahannya siap, bisa satu bulan selesai tapi kalau tidak siap bahannya bisa berbulan-bulan", ungkap Ahmad, Senin (04/07/2022).

Menurut Ahmad, jenis kayu yang digunakan untuk membuat perahu tidak sembarangan karena harus tahan air dan juga cuaca panas.

"Ini kayunya meranti sama kapur, kita datangkan dari Seimenggaris, ada memang khusus di sana memproduksi jenis kayu begini", imbuhnya. 

Budidaya rumput laut di Kabupaten Nunuan yang tidak mengenal musim diakui Ahmad menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat termasuk para pembuat perahu yang digunakan untuk budidaya rumput laut.

Untuk harga satu unit perahu ukuran 1,5 kali 15 meter dikisaran 25-30 juta rupiah. Harga tersebut menyesuaikan ukuran perahu, sesuai keinginan pelanggan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar