Penyerahan Dana Bantuan Kepada Pelaku Usaha Melalui Pemulihan Ekonomi

KBRN, Nunukan: Penyaluran penyerahan bantuan modal kepada pelaku UMKM sebanyak 50 orang, yang diberikan kepada pelaku usaha asal Sebatik dan Kecamatan Seimanggaris. Wakil Bupati Nunukan Hanafiah mengatakan Pemerintah Daerah berharap bantuan modal ini menjadi stimulan bagi mereka untuk mengembangkan usahanya, akibatnya kelesuan selama Pandemi Covid 19. 

Bantuan ini bentuk kepedulian Pemerintah Daerah kepada UMKM, dan murni dari dana APBD Kabupaten Nunukan dalam rangka pemulihan ekonomi daerah. 

Adapun usaha yang digeluti yakni warung makan, jajanan gorengan, jajanan kuliner, sembako, nasi kuning, dan sayur mayur.

"Semoga dana bantuan yang kita berikan bisa memperbesar usaha mereka dan kegiatan perekonomian di Kecamatan bisa berjalan dan sekaligus juga bisa meningkatkan pendapatan keluarga UMKM, " jelasnya dihadapan awak media, Jumat (1/7/2022).

Pemerintah Daerah akan melakukan pengawasan, evaluasi terhadap penerima bantuan dan pemanfaatan dana, kepada pelaku usaha.

"Akan melakukan monitoring kepada penerima dana bantuan ini. Sejauh mana dana bantuan ini memberikan dampak yang positif terhadap UMKM kita di Kabupaten Nunukan. Karena ini adalah dana Pemerintah tentu kita juga harus mengawasi karena secara berjenjang diawasi oleh pihak-pihak pengawas termasuk BPK, " ujarnya.

Ia menegaskan, agar dana yang diberikan dimanfaatkan sebaik-baiknya maka perlu diawasi, sehingga usaha yang dikelola berjalan dengan lancar. Disisi lain jika didapati mengalami kebangkrutan atau usahanya mandek, pihak inspektorat akan melakukan audit apakah benar-benar bangkrut akibat diluar kemampuan mereka atau ada hal-hal lain.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar