Harga Bawang Merah Capai 60 Ribu Rupiah Per Kilogram

KBRN, Nunukan: Harga bawang merah di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengalami kenaikan drastis dari sebelumnya 35 ribu rupiah naik menjadi 50 hingga 60 ribu rupiah per kilo gram. Salah seorang pedagang sembako di pasar Inhutani Nunukan Kahar, Senin (27/06/2022) mengungkapkan, kenaikan tersebut dipicu karena harga dari daerah asal bawang merah ini disuplay dari Sulawesi Selatan juga mengalami kenaikan.

"Hujan kan di sana, jadi petani gagal panen, banyak yang rusak, ini saja kita dapat berebut sama yang lain", ungkap Kahar.

Sementara itu, pedagang juga menyediakan bawang merah asal negara tetangga Malaysia dengan harga 35 ribu rupiah namun kurang diminati masyarakat, karena dinilai kurang memiliki aroma dibandingkan bawang Indonesia pada umumnya. 

"Dibeli juga tapi dicampur, bawang merah Malaysia satu kilo, bawang Indonesia setengah kilo, biar ada rasanya", ujarnya.

Dari keterangan pedagang, belum diketahui pasti kapan harga bawang merah kembali stabil karena menyesuaikan pasokan dari daerah asal Sulawesi Selatan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar