Harga Tertinggi Kelapa Sawit di Kaltara 2497 Rupiah Per Kilogram

KBRN, Nunukan: Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menetapkan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit tertinggi yaitu 2497 rupiah per kilogram untuk sawit yang sudah berusia 10 sampai 20 tahun. Sementara untuk sawit yang berusia 3 sampai 9 tahun berkisar antara 2246-2456 rupiah per kilo gram. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nunukan, Muktar mengungkapkan harga tersebut hanya berlaku di lingkungan perusahaan yang memiliki kebun sawit, sementara untuk sawit milik petani secara mandiri menyesuaikan harga pasar.

"Kalau harga pasar bisa jadi lebih rendah dari yang ditentukan pemerintah karena itu menjadi kewenangannya perusahaan yang akan membeli", ungkapnya pada Kamis, (19/05/2022).

Dengan adanya penetapan harga TBS, seluruh perusahaan kelapa sawit yang beroperasi di Kabupaten Nunukan akan diawasi oleh pemerintah untuk memastikan mereka membeli kelapa sawit sesuai yang ditetapkan pemerintah.

"Di Nunukan itu ada sepuluh perusahaan kelapa sawit, hanya dua yang tidak memiliki kebun, itu yang akan kita awasi apakah menjalankan apa yang sudah ditetapkan pemerintah", ujarnya.

Sementara itu, penurunan harga TBS kelapa sawit yang sebelumnya mencapai 3000 rupiah perkilogram diakui Muktar akibat dampak pengiriman CPO ke luar negeri yang terhenti hingga saat ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar