Kini Nunukan Dapat Memproduksi Pelampung Rumput Laut

KBRN, Nunukan: Kebutuhan botol plastik untuk mendukung budidaya rumput laut masyarakat ke depan akan tergantikan dengan pelampung yang dibuat dari daur ulang sampah plastik. Hal itu menyusul telah tersedianya pabrik pencetak pelampung di Mamolo', Kecamatan Nunukan Selatan. Menurut pengelola sampah plastik Kabupaten Nunukan, Andi Allu', pabrik tersebut akan memproduksi pelampung yang kualitasnya lebih baik dari pelampung yang digunakan masyarakat saat ini.

"Jadi, nanti kita akan produksi pelampung sendiri dan kualitasnya lebih baik dari botol minuman kemasan", ungkapnya pada Kamis, (20/01/2022).

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nunukan, Joned mengungkapkan, saat ini pengelola sampah plastik menunggu pelatihan pengoperasian pabrik pencetak pelampung rumput laut untuk selanjutnya diperkirakan akan mulai beroperasi pada Februari mendatang.

"Karena ini bantuan dari Pertamina, sehingga pelatihannya juga dari Pertamina, kita masih menunggu juga, karena masih ada alatnya yang belum datang", ujarnya.

Produksi pelampung rumput laut dinilai akan membantu mengurangi sampah plastik yang selama ini menjadi persoalan, terutama di pemukiman padat penduduk yang berada di wilayah pesisir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar