Pemda Lirik Partisipasi Interest (PI) Untuk Tingkatkan PAD

KBRN, Nunukan: Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran Participating Interest 10 persen pada wilayah kerja minyak dan gas bumi, pemerintah daerah dilibatkan dalam pengelolaan minyak dan gas bumi. Sehubungan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Nunukan kini mulai melirik potensi tersebut dalam upaya mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Nunukan. Wakil Bupati Nunukan, Hanafiah menyebutkan, pengelolaan migas melalui Partisipating Interest sebesar sepuluh persen dalam setiap kontrak memberikan manfaat dengan menambah pendapatan daerah.

"Ini perlu kita garap dan pikirkan agar bisa berjalan maksimal, potensinya luar biasa untuk mendukung keuangan kita di daerah", ungkap Hanafiah pada Sabtu, (04/12/2021).

Pemerintah Kabupaten Nunukan saat ini melakukan persiapan melalui kajian bekerjasama dengan salah satu perguruan tinggi di Kalimantan untuk memetakan potensi dari hasil partisipasi interest (masyarakat). Menurutnya, hal ini membutuhkan persiapan yang matang agar nantinya bisa berjalan maksimal.

"Karena bagi kita di Kabupaten Nunukan, ini adalah hal yang baru, maka harus dipikirkan dengan matang", ujarnya.

Partisipating interest ada ketika dilakukan kegiatan eksplorasi di suatu wilayah kerja dan ditemukan cadangan migas yang komersil. Hal ini dinilai Hanafiah merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Nunukan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar