Wabup Minta OPD Maksimalkan Retribusi Untuk Peningkatan PAD

KBRN, Nunukan: Penarikan Pajak dan Retribusi daerah dinilai menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun potensi tersebut dinilai belum dikelola secara maksimal di Kabupaten Nunukan. Demikian diungkapkan Wakil Bupati Nunukan, Hanafiah saat dikonfirmasi terkait potensi PAD Kabupaten Nunukan pada Jumat, (03/12/2021).

Menurut Hanafiah, seiring perkembangan sistem pemerintahan di Indonesia, seluruh daerah perlu memikirkan dan memaksimalkan pengelolaan pajak dan retribusi untuk mendukung kekuatan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan, mengingat saat ini dana transfer dari pemerintah pusat terbatas.

"Sekarang kita harus belajar mandiri, sehingga sekalipun dana dari pusat itu sedikit, tidak akan berpengaruh terhadap pembangunan kita", ujarnya.

"Kalau yang kita alami sekarang kan, dana dari pusat kurang, pembangunan juga berdampak" tambahnya.

Maka dari itu, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta memaksimalkan potensi yang ada, agar PAD Kabupaten Nunukan meningkat setiap tahunnya.

Hanafiah juga meminta OPD rutin memberikan pemahaman kepada masyarakat jika dana pajak dan retribusi yang disetor merupakan kewajiban terhadap negara dan nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar