Padi Adan Krayan Barat Siap Dipanen

KBRN, Nunukan: Tanaman padi masyarakat Krayan mulai menguning. Padi andalan masyarakat yang berada di perbatasan negara ini lebih dikenal dengan beras Adan sudah terkenal di negara tetangga Malaysia dan Brunai Darussalam. Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nunukan Masniadi, padi Adan tersebut merupakan padi yang ditanam secara organik, sehingga hanya ditanam sekali dalam setahun.

"Sudah mulai menguning, artinya tidak lama lagi mereka panen", ungkapnya pada Selasa, (30/11/2021).

Sementara itu, Penyuluh Pertanian wilayah Krayan Barat, Misak mengungkapkan padi Adan hasil pertanian masyarakat berbagai varian diantaranya Padi Adan Merah, Padi Adan Hitam dan Padi Adan Besar termasuk salah satu jenis padi unggul lokal dan sudah diakui keorganikkannya oleh Lembaga penguji Sucofindo di wilayah Long Puak Kecamatan Krayan Barat.

"Secara umum sawah dan hasil budidaya padi adan tergolong baik dan aman terkendali dari serangan hama dan penyakit tanaman", tuturnya.

Bahkan saat ini dari hasil pengamatan penyuluh pertanian, kisaran luas hasil padi yang akan dipanen mencapai 1348 ha di wilayah Kecamatan Krayan Barat dan akan mulai dilakukan pada Minggu ke-2 bulan Desember Tahun 2021 sampai Bulan Januari Tahun 2022

"Panen raya akan dimulai minggu ke-2 dan ke-3 di bulan Desember tahun 2021 dengan harapan curah hujan bisa mendukung proses panen ini", tambahnya.

Krayan Barat yang terdiri dari lokasi Long Kewan Kuala Belawit, Berian Baru, Tang Payeh, Tanjung Karya, Lembudud, Buduk Kubul dan Long Puak merupakan wilayah yang memiliki areal sawah terluas di wilayah dataran tinggi Krayan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar