Ibu Hamil di Wilayah Perbatasan Krayan Tidak Ada Yang Mengarah ke Stunting

KBRN, Nunukan: Petugas Kesehatan berusaha agar tidak terjadi Stunting pada anak-anak, ketika para ibu sedang mengandung, oleh sebab itu diharapkan intens melakukan pemeriksaan kesehatan setiap bulannya. Bidan Puskesmas Long Layu Kecamatan Krayan Selatan Nersi Yunita mengatakan ibu hamil yang ada di Krayan Selatan dan Krayan Tengah untuk kondisi kesehatan tidak ada yang mengarah ke stunting, hal ini disebabkan kesehatan nutrisinya sangat baik, hanya saja mengalami kendala ke fasilitas kesehatan, yakni di wilayah tersebut sering hujan, sedangkan jarak rumah warga ke Puskesmas cukup jauh. 

"Jalanannya belum pengerasannya, jadi keadaan-keadaan tertentu saja ibu hamil datang ke Puskesmas untuk pemeriksaan kehamilannya. Kendalanya tidak hanya saja sering hujan jadi itu yang menghalangi ibu-ibu untuk datang ke fasilitas kesehatan, " jelasnya. Selasa (28/6/2022). 

Ia menyebutkan untuk memberikan edukasi kepada ibu hamil dengan cara mendatangi rumah mereka satu persatu, meski pun perkunjungannya hanya sebentar untuk melakukan konseling. Namun ketika mendapatkan keluhan atau ada hal-hal yang harus diperiksa maka dianjurkan ke Puskesmas. Sementara belum ada ditemukan ibu hamil kekurangan energi kronis. 

"Kita anjurkan untuk persalinannya di fasiltas kesehatan Long Layu, namun ketika kita menemukan dari hasil pemeriksaan ada yang memang harus dirujuk atau di tolong di Rumah Sakit besar jadi kita melakukan pemeriksaan dini dan membuat rujukan terencana untuk melahirkan di Rumah Sakit, " ujarnya. 

Wilayah kerja Puskesmas Long Kayu ada dua Kecamatan, Krayan Selatan dan Krayan Tengah, dengan enam lokasi, sehingga untuk total ibu hamil sebanyak 50 orang. Disisi lain makanan tambahan khusus ibu hamil telah diberikan. Sementara dukun beranak telah berkolaborasi dengan bidan kampung, karena masih ada persalinan di pustu-pustu untuk ke Puskesmas mengalami kesulitan dengan kondisi jalan yang belum baik. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar