Sasaran Bulan Imunisasi Anak Nasional di Nunukan 31 Ribu

KBRN NUNUKAN : Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) memiliki dua tahap, yakni pemberian vaksinasi Campak dan Rubella, sasarannya usia 9 bulan sampai 12 tahun seluruh anak di Kalimantan Utara. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pemprov Kaltara Agust Suwandy mengatakan untuk mendekatkan pada sasaran BIAN ini dapat diperoleh di Posyandu, Puskesmas dan di sekolah-sekolah. Kemudian untuk tahap selanjutnya imunisasi terutama masa Covid 19 kurang lebih 2 tahun banyak imunisasi rutin tidak lengkap. 

Ia menyebutkan jumlah sasaran yang sudah terdata untuk Campak dan Rubella sebanyak 160.782 anak, sementara untuk Kabupaten Nunukan 31.945, Kota Tarakan 46.704, Bulungan 34.361, Kabupaten Tana Tidung 6.489, untuk Malinau belum keseluruhan baru terdata 5.000 sasaran. 

'Karena layanan-layanan banyak dilaksanakan secara terbatas di Puskesmas ataupun di Rumah Sakit, dan juga Posyandu banyak yang tidak jalan selama Covid sehingga banyak vaksinasi pada bayi balita itu tertinggal ada yang tidak mendapatkan vaksinasi polio, hepatitis dan lain-lain, ' terangnya. Jumat (20/5/2022). 

Petugas kesehatan Pemprov Kaltara akan mendata sasaran yang selama ini tidak mendapatkan imunisasi lengkap akan dilengkapi berdasarkan aturan. 

'Karena pentingnya imunisasi ini harapan kita target untuk pencapaian minimal 95% jadi dengan nanti bisa mencari target kita harapkan tercapai kekebalan secara komunitas sehingga bisa menangkal penularan-penularan yang terjadi di masyarakat, ' ujarnya. 

Penyakit-penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan imunisasi bisa ditangkal secara dini, bukan pada saat penyakit itu masuk baru sibuk dengan vaksinasi namun jauh hari sudah menyiapkan kekebalan pada anak-anak. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar