FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Capaian Vaksin Booster Masih Rendah, Petugas Jemput Bola Hingga ke Tingkat RT

KBRN, Nunukan: Hingga saat ini capaian vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster baru sekitar 17 persen. Angka tersebut diakui masih rendah sehingga perlu dilakukan upaya untuk mendorong masyarakat mengikuti vaksinasi booster. Juri Bicara Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Nunukan, Sabarudin mengungkapkan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan, puskesmas di setiap kecamatan mengubah pola pelayanan dengan cara jemput bola hingga ke tingkat RT. Hal itu dilakukan dengan bekerjasama pihak RT untuk membuat jadwal terkait kesiapan warga untuk diberikan vaksin.

"Puskesmas menunggu jadwal dari kelurahan atau RT, sehingga pada saat turun warga sudah siap untuk mendapatkan vaksin", ungkap Sabarudin pada Jumat, (20/05/2022).

Rendahnya capaian vaksinasi booster di Kabupaten Nunukan diakui ada kesalahpahaman dari masyarakat yang diketahui hanya berlaku bagi pelaku perjalanan sehingga banyak masyarakat yang mengurungkan niat untuk mengikuti vaksinasi dosis ketiga.

"Padahal ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mau ada kepentingan perjalanan atau tidak tetap mendapatkan vaksin", imbuhnya. 

Hingga saat ini capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Nunukan berdasarkan data satgas Covid-19 yaitu dosis pertama sekitar 81 persen, dosis kedua 64 persen dan dosis ketiga 17 persen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar