Aisyah Balita Penderita Hidrosefalus Besok Pagi Akan Di Rujuk Ke RSUD Tarakan

KBRN, Nunukan : Aiysha anak berusia 2 tahun yang tengah menjalani perawatan di RSUD Nunukan karena penyakit hidrosefalus yang dideritanya sejak berusia satu bulan, di rencanakan besok, Selasa (17/5/2022) pukul 07.45 Wita, akan dirujuk ke Rumah Sakit Jusuf SK Tarakan dengan menggunakan speed boat  untuk penanganan  lebih lanjut. 

Seperti telah di beritakan sebelumnya, Aisyah merupakan balita dari warga Kecamatan Seimenggaris, Kabupaten Nunukan, Prov. Kalimantan Utara. 

Sedihnya lagi, ayah Aisyah yang selama ini bekerja di PT. Nunukan Jaya Lestari (NJL), kini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sejak tiga bulan lalu. 

Kepala Aisyah semakin menunjukkan pembesaran sehingga perlu mendapatkan perawatan medis secara berkelanjutan. 

Awalnya Aisyah lahir dalam kondisi normal dari pasangan orang tuanya bernama Anas (ayah) dan Ernawati (ibu). Saat berusia kurang lebih satu bulan, balita ini menderita penyakit hidrosefalus. 

Meski tampak dalam kondisi sehat  namun kepala Aisyah kian lama makin membesar. 

Ernawati ibu Aisyah Saat di komfirmasi RRI, Senin (16/5/2022) mengakui, selama ini  tak membawa anaknya ke RSUD Nunukan karna terkendala oleh dana. Bahkan pihak perusahaan seolah mengabaikan kondisi yang dialami oleh keluarga tersebut. 

"Ya saya tinggal di perumahan perusahaan sudah 4 tahun, selama anak saya mengalami penyakit ini tidak mendapat perhatian dari pihak perusahaan,"

"Ada satu kali perwakilan dari perusahaan datang menjenguk, itupun infonya mereka tahu dari medsos, ada 2 juta bantuan di berikan untuk biaya merujuk anak saya ke RSUD, itupun tidak cukup pak," ungkapnya dengan mata berbinar binar. 

Berkat bantuan dan petunjuk dari Yeni yang merupakan sahabat dari Ernawati, dirinya memberanikan diri keluar dari Kec. Semanggaris, membawa anaknya ke Kota Nunukan untuk di rujuk di RSUD. 

Meski merasa legah anaknya telah di tangani oleh petugas kesehatan, namun raut wajah Ernawati yang cukup lelah itu, tengah memikirkan biaya tambahan untuk mencukupi biaya pengobatan dan perawatan Aisyah yang akan segera di rujuk ke RSUD Tarakan. Sehingga membutuhkan bantuan atau donasi dari pihak ketiga.

Perlu di ketahui penyakit hidrosefalus adalah penumpukan cairan di rongga otak sehingga meningkatkan tekanan pada otak bayi dan anak-anak. Penyakit ini membuat ukuran kepala membesar pada anak-anak, sedangkan pada orang dewasa, kondisi ini bisa menimbulkan sakit kepala hebat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar