Nunukan Belum Dapat Mengeliminasi Penyakit Kusta

KBRN NUNUKAN : Kabupaten Nunukan salah satu Kabupaten di Kalimantan Utara yang belum dapat dicapai eliminasi kusta, hal ini disebabkan salah satu persyaratan eliminasi kusta dengan prevalensi sudah berada dibawah 1/10 ribu penduduk. Artinya dalam setiap 10 ribu penduduk tidak ditemukan ada satu kasus. 

Bidang Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan Aris Suyono, SKM mengatakan di dua tahun terakhir baru tahun ini mencapai dibawah 1/10 ribu penduduk, namun belum termasuk data-data kasus yang terdapat difasilitas swasta karena masih banyak dan masih tinggi kasus yang didiskriminasi masyarakat. Sehingga beberapa kasus berobat di sarana pelayanan swasta, dan tidak tercatat di Dinas Kesehatan. 

Aris Suyono mengungkapkan kondisi Kabupaten Nunukan dibawah satu pun tidak menjamin sudah eliminasi, karena masih ditemukan kasus kusta terhadap anak. 

"Kenyataannya memang tiga tahun terakhir ini kita masih menemukan kasus anak sementara kasus anak sebagai salah satu indikator bahwa masih ada penularan ditengah-tengah masyarakat karena kita tahu kusta merupakan salah satu penyakit menular menahun artinya proses penularannya itu butuh waktu kontak yang lama antara 1-2 tahun," jelasnya. Jumat (28/1/2022).

Ia juga mengatakan ketika menemukan kasus kusta terhadap anak-anak ditengah masyarakat otomatis masih ada kasus lainnya, yang belum ditemukan hal ini harus menjadi catatan Pemerintah Daerah dan petugas kesehatan. Karena menjelang Hari Kusta Sedunia untuk mengingatkan kembali penyakit kusta salah satu penyakit yang terabaikan, karena gaungnya tidak seheboh dengan penyakit lainnya. 

"Tapi kasusnya masih ada sehingga kita perlu menyampaikan lebih mendalam lagi kemasyarakat tentang penyakit kusta ini. Penularan memang lama perlu kontak erat yang lama antara 1-2 tahun. Tapi bukan berarti kusta tidak bisa disembuhkan, kusta akan bisa disembuhkan ketika si penderita ini betul-betul taat untuk menjalani pengobatan dan memang waktu untuk menyembuhkan perlu pengobatan yang lama," tegasnya. 

Ia menambahkan penyakit kusta dapat disembuhkan dengan waktu sekitar enam bulan dengan mengikuti aturan dokter untuk mengkonsumsi obat yang diberikan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar