Pasien Yang Datang Berobat Didominasi Batuk, Flu dan Demam

KBRN NUNUKAN : Pasien yang datang berobat ke faskes masih didominasi keluhan batuk, flu dan demam, hal ini dikarenakan adanya musim pancaroba yang terjadi di Kabupaten Nunukan. 

Kepala Puskesmaa Nunukan Timur dr. Eka Aprina Lestari menjelaskan pada tahun 2021 terjadi lonjakan kasus positif Covid 19, di bulan Juli dan Agustus, hal ini berdampak pada pelayanan kesehatan terutama pasien yang datang berobat semakin tinggi tiap harinya dan kasus paling banyak dialami pasien adalah batuk, dlu dan demam. Kemudian pada September 2021 jumlah kasus Covid 19 menurun dan pelayanan kesehatan kembali seperti biasa. 

dr. Eka Aprina Lestari mengungkapkan diawal Januari 2022 ini jumlah kunjungan mengalami  peningkatan. 

"Yang paling banyak itu hari Sabtu dan hari Senin, tidak tahu kenapa. Sabtu dan senin mungkin karena ada hari Minggunya ya,  jadi orang berpikiran sudah datang hari Sabtu, karena hari Minggu libur, " terangnya. Selasa (18/1/2022).

dr. Eka Aprina Lestari menyampaikan bahwa di Nunukan ini memasuki pancaroba, diakhir tahun curah hujan cukup tinggi, kemudian sekarang mulai musim panas dan kasus paling banyak adalah batuk, flu dan demam pada anak-anak. 

"Saya menghimbau sekarang ini masuk musim DBD juga, karena musim-musim peralihan begini musim DBD, jadi harapan untuk masyarakat tetap 3M diterapkan. Pemberantasan sarang nyamuk secata mandiri, " imbuhnya. 

Ia menyebutkan jika dalam sehari pasien yang datang berobat mencapai 30-50 orang. Hampir seimbang anak-anak dan dewasa yang berobat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar