Dinkes Nunukan : Masih Menunggu Pelaksanaan Vaksinasi Booster

KBRN NUNUKAN : Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan telah melakukan persiapan untuk memberikan pelayanan Vaksinasi Booster bagi masyarakat rentan dan lansia. 

Bidang Kesehatan Masyarakat, Dakdul dan KB Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan Nurmia, SKM mengatakan saat ini petugas kesehatan melakukan edukasi kepada masyarakat,  karena tidak menutup kemungkinan ada yang tidak mengikuti vaksin booster, karena sebelumnya vaksin dosis dua saja masih kurang. 

Nurmia mengungkapkan masih menunggu kebijakan Pemerintah Daerah seperti apa pemberian booster ini, meski demikian pihaknya masih menunggu respon masyarakat terhadap pelaksanaan dosis tiga. 

"Sosialisasi dengan cara pendekatan kepada masyarakat. Kita edukasi lagi kembali, perbanyak ke media. Teman-teman kita juga ada media promosi. Booster ini lebih kepada pembentukan kekebalan tubuh yang lebih baik lagi, " ujarnya. Kamis (13/1/2022).

Ia menerangkan karena banyaknya bermutasi varian-varian baru maka dianggap penting adanya booster. Kemungkinan vaksin yang diberikan pada dosis satu dan dua masih bisa ditembus oleh varian baru maka dibentuk kembali kekebalan tubuh melalui booster. 

"Yang namanya booster vaksin ketiga. Masyarakat harus dosis satu dan dua dulu baru di booster. Dengan interval waktu 6 bulan,  setelah pemberian dosis dua, " terangnya lagi. 

Ia juga menyampaikan bahwa vaksin dosis dua di Nunukan belum mencapai target karena masih banyak yang tidak mengikuti hal ini disebabkan karena adanya keperluan bepergian keluar Nunukan sehingga capaian masih kecil, oleh sebab itu kantong-kantong banyak yang hilang dilapangan. 

Ia pun berharap masyarakat Nunukan dapat melengkapi vaksin dosis dua agar dapat mengikuti vaksin booster. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar