FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Siklon Tropis Di Perairan Laut Filipina Dan Fenomenan Lanina, Penyebab Cuaca Extrim Di Nunukan

KBRN, Nunukan : BMKG Nunukan merilis, hingga beberapa hari kedepan wilayah Kecamatan Lumbis, Kecamatan Sembakung dan Kecamatan Sebuku pada malam hari bakal di guyur hujan lebat, sementara pulau Nunukan dan pulau Sebatik pada siang hari cerah berawan. 

Prakiraan cuaca BMKG Nunukan Ulifa saat si konfirmasi RRI, Senin (4/7/2022) mengatakan, penyebab cuaca extrim terjadi dalam beberapa hari terakhir karna adanya siklon tropis di wilayah perairan laut Filipina, sehingga muncul belokan angin yang mempengaruhi wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) 

"Jaraknya itu cukup dekat dengan Kaltara, nah ternyata siklon tropis ini tidak hanya terjadi di laut Filipina namun ada juga di laut Cina pak, 2 Bibit Siklon di Filipina dan China yang picu cuaca ekstrem pak," ungkapnya. 

Selain itu, meski lemah namun Fenomena Lanina yang masih aktif turut mempengaruhi cuaca wilayah Indonesia bagian timur, 

"Fenomena Lanina ini sebenarnya dari beberapa bulan lalu, ternyata masih aktif meski lemah, itu berpengaruh untuk wilayah Indonesia," paparnya. 

"Termasuk ada suplai air dari dari wilayah laut Afrika itu berpindah ke Samudra Hindia bagian barat, artinya itu di wilayah Sumatra, nah itu juga mempengaruhi adanya cuaca extrim," tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar