Cuaca Extrim Berpengaruh Terhadap Ketinggian Gelombang

KBRN, Nunukan : Berdasarkan Update perkembangan terbaru Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG ) Hingga 3 hari kedepan hujan sedang hingga lebat di sertai kilat/ petir dan angin kencang berpotensi terjadi diwilayah Kabupaten Nunukan dan akan mempengaruhi ketinggian gelombang laut. 

Kepala BMKG Nunukan William Sinaga, Kamis (26/5/2022) mengatakan, hujan lebat di sertai angin kencang akan menambah ketinggian gelombang dari keadaan normal. 

Masyarakat yang beraktifitas di laut wajib waspada dan berhati hati dan terus mengakses informasi terbaru yang di keluarkan oleh BMKG sebagai langkah antisipasi menghindari bencana yang dapat terjadi. 

 “Hujan lebat di sertai angin kencang akan menambah ketinggian gelombang laut pak, yang harus di lakukan masyarakat agar tetap mengakses update prakiraan cuaca dari BMKG, itu bisa di akses dari sosial media atau info BMKG, di situ akan terdapat info harian dan info cuaca extrim,”ungkapnya.

Melalui aplikasi BMKG yang dapat di Instal melalui Play Store kata Willam, akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses informasi peringatan dini cuaca secara otomatis sesuai dengan posisi dari  pemilik HP. 

Hal tersebut akan mengurangi tingkat resiko bencana yang dapat menimpa siapa saja.

“Jadi baik nelayan, petani rumput laut, pemilik kapal, siapapun yang beraktifitas di darat maupun di laut secara otomatis akan dapat pemberitahuan atau notifikasi setiap hari dari aplikasi tersebut mengenai cuaca,”tutupnya.

Seperti di ketahui dalam beberapa hari terakhir akumulasi dari hujan lebat yang mengguyur beberapa Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Nunukan, menyebabkan sungai sembakung meluap dan merendam ratusan rumah. 

Meski tak ada korban jiwa, warga tetap di minta untuk selalu waspada terhadap potensi hujan deras yang dapat menimbulkan banjir susulan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar