BMKG : Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Hingga 3 Hari Kedepan

KBRN, Nunukan : Hingga 3 hari kedepan hujan sedang hingga lebat di sertai kilat/ petir dan angin kencang berpotensi terjadi diwilayah Kabupaten Nunukan secara merata, ungkap Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG ) Nunukan William Sinaga saat di komfirmasi RRI, Kamis (26/5/2022).

“Untuk di Kabupaten Nunukan masih ada potensi hujan sedang hingga lebat selama 3 hari kedepan,”ungkap William.

Dari hasil koordinasi BMKG dengan pihak BPBD Nunukan, adanya kenaikan air sungai sembakung, menyebabkan banjir hingga merendam ratusan rumah warga, merupakan akumulasi curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi sejak tanggal 17 Mei lalu.   

“Penyebabknya karna faktor tofografi di Kabupaten Nunukan, meluapnya sungai akibat curah hujan tinggi, genangan air yang menumpuk sulit meresap ketanah apalagi sungai terpenuhi air semua dan pembuangan air dari daratan ke sungai-sungai,”jelasnya.

Karna itu BMKG menghimbau kepada seluruh masyarakat Nunukan agar tetap waspada dan berhati hati terhadap potensi cuaca extrim dan dampak yang di timbulkanya seperti banjir, tanah longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

“Sebenarnya siklus air normal, karna karateristik cuaca di Nunukan tidak ada musim, maka perlu di waspadai dampak yang di timbulkan akibat kenaikan air di pemukiman,”tutupnya.

Berdasarkan rilis yang di keluarkan oleh BMKG Koodinator wilayah Kaltara, sirkulasi siklonik di wilayah Kalimantan Barat menyebabkan terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang mengakibatkan peningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah  Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. 

Selain itu, kondisi dinamika atmosfer tersebut mengakibatkan potensi cuaca extrim hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Malinau, Tana Tidung, Nunukan Bulungan dan Tarakan pada priode 25 sampai dengan 27 mei 2022. 

Potensi hujan lebat pada priode tersebut perlu di waspadai terutama pada sore, malam dan dini hari hingga menjelang pagi hari dengan distribusi hujan dapat terjadi secara merata di wilayah Kaltara.   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar