Hindari Kekerasan Terhadap Anak Melalui Pola Asuh Yang Benar

KBRN, Nunukan: Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) terus memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya pola asuh orang tua. Menurut Kepala DSPPPA Kabupaten Nunukan, Faridah Ariyani, meskipun angka kekerasan terhadap anak menurun namun masih ada ditemukan kasus pelecehan seksual terhadap anak baik yang dilakukan oleh orang lain maupun di lingkungan keluarga. 

"Karena setiap keluarga memiliki masalah yang berbeda, bergantung pemicunya seperti ekonomi, sumber daya manusia, menikah muda, melahirkan muda dan minimnya pengetahuan tentang perencanaan keluarga", kata Faridah pada Senin, (23/05/2022).

Masalah-masalah tersebut dinilai dapat memicu konflik menjadi lebih besar sehingga diharapkan orang tua memaksimalkan perannya dalam memberikan pola asuh yang benar kepada anaknya.

"Ada delapan fungsi keluarga yang bisa diterapkan yaitu fungsi Agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi dan pendidikan, ekonomi dan Pembinaan lingkungan", imbuhnya. 

DSPPPA juga mendorong agar rutin dilakukan parenting di sekolah-sekolah yang melibatkan orang tua sehingga memiliki tujuan yang sama untuk melindungi anak-anak mereka dari segala bentuk kekerasan 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar