Hari Pendidikan Diharapkan Semua Stakeholder Dapat Memajukan Dunia Pendidikan

KBRN NUNUKAN : Hari Pendidikan Nasional biasanya diperingati setiap tanggal 2 Mei, namun tahun ini berbeda karena digeser ke tanggal 13 Mei, yang dilaksanakan upacara  di SMP Negeri 1 Nunukan. Sementara tema tahun ini 'Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar'. 

Plt. SMP Negeri 1 Nunukan Blasius Lodo Dai berharap Pendidikan Indonesia semakin maju dan peserta didik bisa mengikuti seluruh proses itu sehingga terbentuk karakter yang baik, yang berguna berjasa bagi bangsa dan negara. 

Lebih lanjut Ia sampaikan bahwa SMP Negeri 1 telah mengikuti program sekolah penggerak tahap satu, dengan harapan agar semua tenaga pendidik, orangtua siswa, Pemerintah Daerah bersama-sama nemajukan pendidikan tidak hanya tanggungjawab guru saja tetapi tanggungjawab bersama. 

'Kita juga dalam proses pembelajaran, di sekolah penggerak ada monitoring dan evaluasi melihat kekurangan kita yang memang ada satu dua pendidik yang mungkin masih mengikuti pola yang lama, pola pembelajaran, ' jelasnya. Jumat (13/5/2022). 

Ia juga menerangkan selalu melakukan evaluasi untuk mengetahui apa saja kendala atau kekurangan dalam memberikan pembelajaran bagi peserta didik, karena ada guru masih menggunakan pola lama. 

"Dalam waktu dekat ini kita terus berbenah termasuk juga mengadakan kegiatan listen study untuk para guru yang akan menjadi bagian program sekolah penggerak di kelas VIII, karena sekolah penggerak baru kelas VI, karena tahun depan sudah tahun kedua maka kita akan melibatkan lebih banyak guru lagi, ' katanya lagi. 

Terkait soal merdeka belajar, Ia mengaku merupakan tantangan namun dapat diantisipasi dengan beberapa sarana yang dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran tersebut termasuk memperbanyak titik-titik jaringan internet di sekolah. 

Selain itu dua tahun terakhir ini sudah memfasilitasi berbagai hal untuk mendukung pembelajaran baik daring, luring, termasuk aplikasi yang dibutuhkan untuk mendukung penilaian. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar