Suku Dayak Agabag Diharapkan Dapat Melestarikan Seni Budaya Melalui Ilau

KBRN, Nunukan: Ilau Dayak Agabag akan diselenggarakan di Kecamatan Lumbis Ogong pekan mendatang, menurut Kepala Disparpor Kabupaten Nunukan H. Junaidi, kegiatan tersebut merupakan jati diri bangsa, masyarakat setempat mencintai tanah air, seni budaya dan bagaimana bertanggungjawab untuk melestarikan dan meneruskan nilai-nilai budaya kepada generasi yang akan datang. Kemudian sebagai benteng di zaman teknologi, seni budaya tetap eksis sehingga dapat menumbuhkembangkan karakter masyarakat di perbatasan.

"Ini luar biasa nilai positifnya, kegotong-royongan ada disini, rasa cinta tanah air, inilah empat pilar kebangasaan ada semua disini, " jelasnya, Selasa (5/7/2022).

Diharapkan Ilau Dayak Agabag dapat melahirkan rumusan-rumusan dan kebijakan, kemudian Pemerintah Daerah serta OPD terkait akan melakukan evaluasi bahwa kegiatan tersebut akan dijadikan suatu ikon seni budaya, pariwisata dan pemuda olahraga.

"Sudah pasti meningkatkan kebudayaan bagaimana tetap tumbuh dan berkembang, tidak dilupakan bagi anak-anak kita yang akan datang. Ini salah satu bentuk, karena memelihara, melestarikan nilai budaya kita ini bukan hanya dari Pemerintah saja, tetapi dari masyarakat, " jelasnya.

Agar tidak diklaim oleh negara lain, maka bangsa Indonesia mempunyai tanggungjawab bersama untuk memelihara, melestarikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar