Lomba Senam Yameto dan Lukiwol Diselenggarakan Agustus Mendatang di Paras Perbatasan

KBRN, Nunukan: Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Nunukan akan menyelenggarakan lomba senam Yameto dan Lukiwol Agustus mendatang. Kepala Disbudparpor Nunukan Junaidi mengatakan, masyarakat dari Dataran Tinggi Krayan etnik Dayak Lun Dayeh mempunyai ide untuk menciptakan senam Yameto, kemudian senam Lukiwol dari Suku Tidung, Suku asli tempatan. Kedua senam tersebut diciptakan untuk dijadikan ikon Kabupaten Nunukan. Oleh sebab itu akan dilombakan dengan semua kategori, SD, SMP, SMA, dan umum. 

"Harapannya dengan gebrakan dan inovasi, dengan keahlian kita masyarakat lokal etnis yang ada di Kabupaten Nunukan bisa menambah wawasan, bisa memberikan semangat kepada generasi muda yang ada di Kabupaten Nunukan, " jelasnya, Senin (4/7/2022). 

Di zaman teknologi ini, para orangtua dapat membentengi anak-anaknya melalui pengenalan karya seni dari daerah perbatasan, untuk mengetahui dan memahami setiap budaya yang ada di Kabupaten Nunukan. 

"Melestarikan nilai-nilai budaya, bukan hanya senam saja tapi seni tari dan budaya kita tidak punah. Ini sebagai jati diri bangsa, sebagai karakter bangsa Indonesia yang ada di Kabupaten Nunukan, " imbuhnya. 

Pihaknya selalu mengedukasi, menanamkan dan mengingatkan kepada generasi penerus bangsa tentang nilai budaya, yang tergambarkan di dalam Bhineka Tunggal Ika, nilai cinta tanah air berada pada NKRI, nilai kebersamaan dan persatuan berdasarkan Pancasila. Hal tersebut dirangkum kan pada rasa tanggung jawab bersama, bagaimana ini semua dapat dipahami kepada generasi sekarang maupun yang akan datang. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar