Seni Tari Khas Nunukan Di Persiapkan Go Nasional

KBRN, Nunukan : Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Nunukan H. Junaidi membuka Lomba Tari Kreasi Pesisir dan Pedalaman yang digelar di GOR Dwikora, Selasa (28/06/2022).

Saat di konfirmasi RRI, H. Junaidi menjelaskan, Lomba Tari Kreasi Pesisir dan Pedalaman salah satu langkah menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap seni tari.

Sebagai pemuda perbatasan yang memiliki jati diri bangsa, memiliki peran penting untuk menjaga seni tari tradisi tetap hidup dan berkembang serta memberikan hiburan yang sehat, edukatif dan bernilai kesatuan bagi generasi muda.

"Tentu event ini membangkitkan kembali minat anak – anak muda untuk menari, sehingga kedepan akan muncul tari – tari kreasi baru, yang di kemas lebih menarik dan diminati oleh masyarakat", ujarnya.

Sementara itu, Ketua LSM Panjiku berharap kedepan Tari Khas Nunukan tak hanya tampil di lokal,   akan lahir tari kreasi dari Kabupaten Nunukan yang bisa go nasional, yang bisa mengharumkan nama  Kabupaten Nunukan di tingkat nasional.

"Kalau ini di jaga, di rawat dan di lestarikan, insya allah seni tari bisa kembali bangkit, dan membawa kegembiraan bagi masyarakat", jelasnya Mansyur.

Sebagai wilayah perbatasan yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia, Mansyur yakin nilai - nilai budaya khususnya di daerah Nunukan dapat di lestarikan, sebagai bentuk rasa cinta kepada seni budaya.

Perlu di ketahui seleksi pada Lomba Tari Kreasi tersebut nantinya akan mewakili Kabupaten Nunukan ke tingkat provinsi Kalimantan Utara, hingga pada tahap ke proses ke tingkat Nasional.

Tercatat Sanggar Seni Tari yang mengikuti Lomba Tari Kreasi antara lain Smansa Star, Intimung Taka Ulun Borneo, Bebilin Taka, Benuanta Jaya, Busak Malay, Kirip Suwi, dan Temengang Madang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar