Terapkan Pemeriksaan Berlapis, Lapas Nunukan Manfaatkan X-Ray Portable

KBRN, Nunukan: Kepala KPLP Lapas Kelas IIB Nunukan Youga Supriyadi beserta jajarannya kembali melaksanakan Kegiatan Sidak/Razia pada kamar hunian Lapas Nunukan tepatnya pada Kamar Hunian. Sidak pada kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Pengamanan, Youga Supriyadi, pada Selasa (28/06/2022) malam, yang dimana Kegiatan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kewaspadaan terkait deteksi dini Keamanan dan ketertiban pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Nunukan. Kegiatan razia seperti ini merupakan bentuk komitmen bersama jajaran lapas nunukan guna mewujudkan pemasyarakatan maju.

Hadir juga Kalapas Nunukan, I Wayan Nurasta Wibawa dalam arahannya menyampaikan, kali ini pelaksanaan razia berbeda dari  yang biasanya, sengaja kami mencoba menerapkan pemeriksaan berlapis pada sidak kali ini yakni menggunakan x-ray portable yang biasanya dioperasikan di P2U.

Mesin x-ray yang semula berada di P2U namun kini kita coba operasikan pada sidak kamar hunian agar mempermudah petugas dalam melakukan pemeriksaan barang barang di kamar hunian secara detail ataupun real time. 

Berdasarkan instruksi dari Pimpinan agar terus meningkatkan upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban, maka dari itu malam ini Kami kembali melaksanakan mitigasi risiko sebagai bentuk kegiatan In House Training Pegawai Lapas Nunukan dalam hal penggunaan Alat Detektor Portable X-Ray," paparnya. 

Kegiatan ini juga merupakan langkah Lapas Nunukan dalam melaksanakan Kebijakan Direktur Jenderal Pemasyarakatan dalam rangka mewujudkan Pemasyarakatan Semakin Pasti dengan meningkatkan Deteksi Dini, Pemberantasan Narkoba dan Terus Meningkatkan Sinergitas dengan APH dan Back to Basic (3+1).

Lebih lanjut, Kalapas menjabarkan bahwa upaya ini adalah bentuk dari implementasi Pemasyarakatan Semakin Pasti yang dilakukan Lapas Nunukan sehingga petugas Lapas memiliki kemampuan dan keterampilan penggunaan dan pemeliharaan Alat Detektor Portable X-Ray.

“Sidak pada kamar hunian seperti ini sangat berpengaruh pada keamanan dan ketertiban serta mencegah gangguan kamtib di Lapas Kelas IIB Nunukan. Untuk hasil sidak, petugas mendapatkan beberapa sajam rakitan, besi/kawat, serta tali - tali liar yang dapat menimbulkan gangguan kamtib di Lapas Nunukan.

“Mari bersama sama mengkaji dan mengevaluasi tingkat keamanan dan ketertiban di Lapas Nunukan selain itu Kalapas juga mengingatkan agar dalam melaksanakan razia kita tetap humanis terhadap WBP dan tetap memperhatikan sopan santun saat bertugas”, Pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar