Kepulangan Rizieq, Kapolda: Masa Saya Diam Saja

Habin Rizieq Shihab saat tiba di Indonesia. (Dok foto: Anggi/RRI)

KBRN, Jakarta: Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Jakarta, Inspektur Jendral Polisi Mohammad Fadil Imran menyebut kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia dengan adanya kerumunan di beberapa tempat membuat usaha pemerintah dalam memerangi wabah Covid-19 atau Corona seakan menjadi percuma. 

"Tiba-tiba datang bikin kerumunan. Hancur semuanya (usaha perangi corona, red). Masa saya harus diam saja?" tegas Fadil Imran di Yayasan Arrahmah Center, Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (26/11/2020). 

Pada dasarnya, Fadil mengaku, tak pernah melarang adanya kegiatan agama apapun, selagi itu tidak melanggar protokol kesehatan.

Fadil pun membandingkan kegiatan agama di Jawa Timur saat ia masih menjabat Kapolda di sana, dimana acara Maulid Nabi Muhammad digelar tanpa melanggar protokol kesehatan. 

"Kegiatan agama bisa dilaksanakan melalui virtual seperti yang sudah dilakukan di Surabaya sehingga protokol kesehatan tetap dapat dilaksanakan dan hikmahnya didapat," tutur Fadil. 

"Semua kembali ke niatnya. Kalau niatnya buat kemaslahatan, buat kebaikan, tebar kasih sayang. Jika niatnya buruk, dibungkus dengan apa pun, seolah-olah itu baik, cover akhlak, agama, ya akal sehat pasti bisa mengatakan," tambahnya. 

Sebagaimana diketahui, pada 10 November 2020 lalu, Habib Rizieq telah kembali ke Tanah Air setelah sekian lama berada di Arab Saudi. 

Beberapa hari tiba di Tanah Air, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu melangsungkan beberapa kegiatan yang menyebabkan kerumunan massa yang cukup banyak. Salah satunya pernikahan putrinya dan menggelar Maulid Nabi Muhammad. 

Terkait hal itu, Mabes Polri telah mengirimkan surat pemanggilan terhadap seluruh pihak yang dinilai bertanggung jawab terkait kerumunan dalam acara tersebut, salah satunya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang diminta untuk klarifikasi terkait hal itu pada Selasa (17/11/2020) lalu. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00