Skenario Arus Balik Libur Panjang Dibuat

KBRN, Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan berbagai skenario lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus balik libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 Hijriyah yang diprediksi bakal meningkat, pada Minggu (1/11/2020) mendatang. 

Mwnurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo pihaknya bakal melakukan penjagaan dan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat guna memantau peningkatan jumlah arus yanh masuk gerbang tol Cikampek Utama dan gerban Tol Kalihurip Utama menuju Jakarta. 

"Jika arus lalu lintas dari arah Bandung dan Palimanan sudsh meingkat, kami akan segera melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan salah satunya dengan menerapkan contraflow (lawan arus)," ujar Sambodo kepada wartawan, Jumat (30/10/2020). 

Sambodo menjelaskan, bila cara tersebut tidak juga bisa mengurai kepadatan kendaraan, pihaknya bakal menerapkan sistem one way. Kemungkinan besar, kata dia, jalur tol dalam kondisi peningkatan kendaraan saat arus balik akan diberlakukan satu jalur menuju Jakarta. 

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak pengelola jalan tol untuk menambah petugas patroli," tuturnya. 

Selain itu, Sambodo juga menyebut jika nantinya antrian kendaraan mencapai satu kilometer menjelang Gerbang Tol, pihaknya bakal berkoordinasi agar tidak adanya pembayaran tol. 

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi adanya peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta pada periode libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 H.

"Prediksi puncak volume lalu lintas (lalin) untuk arus mudik terjadi, pada Rabu (28/10/2020) lalu. Sedangkan prediksi untuk puncak arus balik terjadi pada Minggu, 1 November 2020," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00