Hampir 100 Kilogram Ganja Hasil Kejahatan Dimusnahkan

KBRN, Payakumbuh: Sebanyak 98.380 kilogram narkotika jenis ganja barang bukti penyalahgunaan narkotika dimusnahkan Polres Payakumbuh, Kamis (22/10/2020). 

Pemusnahan itu setelah memiliki ketetapan dari kejaksaan negeri, sehingga dapat dilakukan pemusnahan dengan dibakar di TPA Regional Payakumbuh Kelurahan Kapalo Koto Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh

"Barang bukti ganja tersebut merupakan hasil dari pengungkapan kasus penyelundupan narkotika dalam sebuah mobil minibus pada 6 Oktober 2020 lalu, di Kelurahan Ibuh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, dengan jumlah tersangka empat orang," kata Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, Kamis (22/10/2020). 

Menurut Alex Prawira, hingga saat ini Polres Payakumbuh masih melakukan pengembangan dari kasus tersebut,  sementara keempat tersangka YEP (25), DAS (21), V (22) dan PD (21) yang seluruhnya merupakan warga Kota Padang, telah ditahan di Mapolres Payakumbuh.

“Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap para tersangka, diketahui bahwa ganja tersebut dibawa dari Panyabungan, Sumatera Utara dan akan di antarkan ke Kota Payakumbuh, dan terbongkarnya kasus ini berawal dari informasi yang didapat oleh tim di lapangan,” sebutnya.

Alex Prawira menambahkan, Tim Sat Res Narkoba Polres Payakumbuh mendapat informasi di lapangan bahwa akan ada transaksi narkoba dalam jumlah besar di Payakumbuh, dari informasi tersebut, petugas mulai melakukan pengintaian dan mendalami informasi yang didapat.

“Ternyata, ganja yang akan diedarkan itu sedang dalam perjalan menuju Payakumbuh dan diangkut dengan minibus. Kemudian kita langsung melakukan penyelidikan untuk melakukan penangkapan terhadap tersangka,” tukasnya.

Para tersangka terancam dengan pasal 114 ayat (2) Jo pasal 111 ayat (2) dan Undang-Undang RI nomor 35 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00