TNI Tambah Kekuatan Tempur di Tanah Rencong

Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanudin memeriksa barisan dari tiga kesatuan baru yang dibentuk sekaligus ditempatkan di Tanah Rencong (Provinsi Aceh) mulai Rabu, 12 Agustus 2020 (Dok. Istimewa)

KBRN, Jantho: Sebagai wujud pembangunan kemampuan sekaligus upaya pengembangan kemampuan kekuatan dan gelar kekuatan Kodam Iskandar Muda, telah dibentuk tiga kesatuan baru.

Batalyon Infanteri 117/Ksatria Yudha, Kodim 0119/Bener Meriah, dan Subdenpom IM/1-7 Bener Meriah, telah menambah kekuatan TNI di ujung Sumatera.

Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Hassanudin mengatakan, pembentukan tiga satuan ini merupakan implementasi dari perencanaan strategis TNI Angkatan Darat khususnya Kodam Iskandar Muda.

“Dengan adanya tiga satuan baru ini, diharapkan mampu mengambil langkah-langkah antisipatif dan preventif guna menghadapi berbagai  potensi ancaman yang mengganggu Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Hassanudin di Lapangan upacara Yonif 117/KY, Rabu (12/08/2020).

Peresmian tiga kesatuan baru di Aceh oleh Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanudin, Rabu, 12 Agustus 2020 (Dok. Istimewa)

Adapun tugas masing-masing kesatuan tersebut adalah:

Batalyon Infanteri 117/Ksatria Yudha memiliki tugas pokok, mencari, mendekati, menemukan, dan menghancurkan musuh serta merebut, menguasai, hingga mempertahankan wilayah darat dalam rangka mendukung tugas pokok Korem 012/Teuku Umar.

Kodim 0109/Bener Meriah memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kemampuan, gelar kekuatan, dan pembinaan teritorial untuk menjaga dan menyiapkan wilayah pertahanan darat dalam rangka mendukung tugas pokok Korem 011/Lilawangsa.

Sedangkan Subdenpom IM/1-7 Bener Meriah memiliki tugas pokok menyelenggarakan pemeliharaan, penegakan disiplin, hukum dan tata tertib dalam rangka mendukung tugas pokok militer untuk menegakkan kedaulatan negara.

“Oleh karena itu, tingkatkan moril dan moral serta semangat juang sebagai prajurit, baik dalam hubungan perorangan maupun kesatuan, sehingga mampu menempatkan tugas di atas segala-galanya. Sebab tugas adalah kebanggaan dan harga diri," tegas Pangdam Iskandar Muda.

Upacara peresmian satuan baru tersebut ditandai dengan pembukaan selubung tunggul Yonif 117/KY, penyerahan Tunggul Yonif 117 kepada Danyonif 117/KY Letkol Inf Toni Setyo Widodo, pengambilan sumpah kepada para Komandan satuan dan penandatanganan Prasasti peresmian Batalyon 117/KY dan Kodim 0119/BM. 

Adapun yang ditunjuk sebagai Komandan Kodim 0119/BM adalah Letkol Inf Valian. Sementara untuk Dansubdenpom IM/1-7 Bener Meriah dipercayakan kepada Lettu CPM Romi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00