TNI/Polri Disiagakan di Wamena, Ada Apa?

Show Force Keliling Kota Wamena
Apel Gelar Pasukan TNI/POLRI di Kota Wamena Kabupaten Jayawijaya, Papua

KBRN, Wamena: Dua ratus (200) personil TNI/ Polri disiagakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam perayaan Hari Pribumi Internasional di Wamena, Kabupaten Jayawiaya Papua. Hari Pribumi Internasional sedianya diperingati setiap tangal 9 Agustus, namun karena bertepatan dengan hari Minggu, Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah Lapago baru menggelar upacaranya pada hari ini, Senin (10/8/2020).

Kapolres Jayawijaya AKBP Dominggus Rumaropen menjelaskan, aparat keamanan perlu meningkatkan kewaspadaan untuk menindaklanjuti informasi terkait peringatan Hari Pribumi Internasional yang dipustakan di kantor DAP Wilayah Lapago.

“Hari ini kita tingkatkan kewaspadaan karena masyarakat kita dari beberapa kawasan akan berkumpul di Sinapuk (kantor DAP Lapago). Hal-hal yang perlu diantispasi adalah adanya masyarakat yang membawah senjata tajam saat berkumpul,” kata Kapolres Jayawijaya AKBP Dominggus Rumaropen dalam amanatnya, saat memimpin apel gelar pasukan di depan Tugu Wio Silimo.

Dikatakan, meski Ketua DAP Wilayah Lapago telah menjamin kegiatan tersebut akan berlangsung dengan aman dan tertib, namun aparat keamanan tidak boleh lengah dan harus tetap waspada.

“Ketika orang banyak berkumpul tidak menutup kemungkinan disusupi oknum-oknum tak bertanggungjawab untuk melakukan kegiatan dengan tujuan yang lain. Apalagi saat ini ada sejumlah pihak menolak Otonomi khusus (Otsus) yang akan segera berakhir unutk diperpanjang,” ujarnya.

“Aparat keamanan dituntut untuk selalu siap siaga sekalipun situasi itu aman, sehingga ketika terjadi hal-hal yang urgent dapat ditangani dengan cepat dan tidak berdampak luas,” tegasnya. 

Dominggus kemudian meminta personil TNI/ Polri untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas, dalam menjaga stabilitas keamanan khususnya di Kabupaten Jayaiwjaya. 

“Karena masyarakat di kota ini menggantungkan harapannya kepada kita aparat TNI/Polri,” harapnya.  

Kepada personil TNI/Polri Ia juga berpesan, agar senantiasa mengedepankan pendekatan yang humanis dalam melaksanakan tugas.

“Tugas-tugas hari ini kita laksanakan dengantetap mengedepankan protap yang ada serta berkoordinasi dengan pimpinan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Apel gelar pasukan tersebut dilanjutkan dengan show force keliling Kota Wamena. Sementara dari pantauan RRI, situasi kamtibmas di Kabupaten Jayawijaya hingga siang ini masih kondusif dan aktifitas masyarakat berjalan seperti biasa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00