Tim Satgas Evakuasi 185 ABK Kapal Pesiar

KBRN, Jakarta: Total hampir mencapai 6000 ABK dari 21 kapal pesiar sudah di evakuasi dan kembali ke Indonesia melalui Dermaga JICT II Tanjung Priok,  Jakarta Utara.  

Hari ini tim Satgas kembali mengevakuasi ABK Warga Negara Indonesia (WNI) dari kapal pesiar yakni MV Zuiderdam yang berlayar dari Philipina, Singapura, dan Indonesia dan baru tiba di pelabuhan Tanjung Priok.  

"Jumlah ABK yang tadi dievakuasi sebanyak kurang lebih 185 orang ABK. Dengan jumlahnya, Pria sebanyak 184 kemudian wanitanya ada 1. Dan ini merupakan kapal ke 20," kata Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal Hermanto di dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (6/8/2020).

Diketahui jumlah ABK dari kapal berbendera Belanda ini sebanyak 185 ABK asal Indonesia. Yang terdiri dari 184 aki-laki dan 1 perempuan. 

Hermanto selaku Dansatgas Evakuasi, mengatakan, bahwa kapal tersebut merupakan kapal yang ke 21 yang berhasil di evaluasi melalui pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Dengan menggunakan tunderboat dan pengawasan pengamanan langsung oleh Tim Satgas, ABK kapal pesiar MV Zuiderdam dievakuasi menuju Dermaga JICT-2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Bisa di bilang ini merupakan kapal terakhir. Karena nanti kita tinggal tunggu apakah ada kapal lagi yang kembali. Tim Satgas sangat siap menjalankan tugas dalam evaluasi kapal ini," ungkapnya.

Dan nantinya, sebanyak 185 WNI ABK itu akan dibawa ke Hotel dikawasan, Jakarta Pusat untuk melaksanakan swab test dari Tim KKP yang telah disiapkan sekitar empat tim medis, dan ditempatkan per kamar untuk 1 orang.

Hermanto menurturkan, para ABK di hotel hanya menunggu hasil swabtest sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. 

"Bila hasilnya ada yang positif akan dibawa ke RSD Wisma Atlet, bila negatif tentunya akan dipulangkan ke daerahnya masing-masing dan harus dilengkapi surat keterangan negatif covid 19," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00