Polisi Bekuk Pembobol ATM Terinspirasi Berita TV

KBRN, Jakarta: Jajaran Subdit 3 Resmob Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya membekuk 3 anggota komplotan pembobol ATM dengan modus ganjal mesin.

Dalam melakukan aksinya , ketiga pelaku terinsipirasi berita kriminal di televisi yang menggambarkan modus pencurian uang di ATM.

“Pelaku melihat berita kriminal di TV yang menayangkan cara membobol ATM dengan agak detil. Ini yang kemudian mereka pelajari caranya, lalu menirunya,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusru Yunus dalam keterangan pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (3/8).

Dengan cara yang sederhana dan konvensional, para pelaku berhasil uang dengan kartu ATM-nya sendiri, tapi tanpa mengurangi saldo tabungannya.

“Dalam sehari pelaku bisa menarik uang 2 sampai 10 juta, tanpa mengurangi saldo tabungannya,” ucap Yusri.

Dari hasil pemeriksaan sementara, baru 1 bank yang dibobol pelaku. Namun Yusri mennghimbau pihak bank yang merasa mesin ATM nya di bobol untuk segera melapor ke polisi.

“Kita juga meminta pihak bank untuk mengubah atau memperbaiki sistem keamanan mesin ATM nya. Karena dengan cara yang sangat mudah begini, bukan tidak mungkin kejadian serupa juga akan terulang kembali,” tambahnya.

Yusri juga menghimbau media, terutama televisi untuk tidak menayangkan berita kriminal, terutama modus pelaku dalam menjalankan aksinya.

“Jangan sampai para penjahat mempelajari caranya dari TV untuk melakukan tindak kriminal,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00