SAR Gabungan Selamatkan Korban Kapal Wisata Komodo

TNI AL yang evakuasi wisatawan yang alami kecelakaan laut kapal pesiar di kawasan Labuan Bajo. Dok: TNI AL

KBRN, Jakarta: Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) beserta Tim SAR gabungan menyelamatkan korban KLM Tiana Liveboat yang tenggelam di perairan Kawasan Taman Nasional Komodo di Pulau Batu Putih, Pasir Panjang, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. 

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono mengatakan, kapal wisata ini tenggelam akibat terjangan angin kencang.

"Kejadian angin tersebut setelah meninggalkan Pelabuhan Labuhan Bajo menuju Pulau Kanawa dan bermalam di Mouring yang mengakibatkan kapal terbalik dan tenggelam," ujar Julius lewat keterangan tertulis, Rabu (29/6/2022). 

Julius menjelaskan, penyelamatan dilakukan setelah Lanal Labuhan Bajo mendapatkan laporan. Kapal Sea Rider beserta personel pun bergabung dengan tim penyelamat lain untuk menolong 14 penumpang dan 6 kru kapal. 

"Dari proses evakuasi ditemukan 2 korban meninggal dunia dan 1 orang luka parah. Tim gabungan selanjutnya membawa para korban menuju dermaga Labuhan Bajo dan langsung di tangani oleh tim medis," jelas Julius.

Perlu diketahui, KLM Tiana Liveboat dilaporkan terbalik dan tenggelam pada pukul 05.00 Wita kemarin. Berdasarkan data manifes, terdapat sebanyak 2 orang wisatawan berkebangsaan Denmark yang ikut dalam kapal tersebut. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar