TNI AL Kirim Bantuan Korban Gempa Mamuju

TNI AL mengirimkan bantuan paket sembako yang diangkut menggunakan KRI Makassar-590 untuk korban gempa Mamuju. (Foto: TNI AL)

KBRN, Jakarta: TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui Komando Armada (Koarmada) II Surabaya, mengirimkan bantuan berupa paket sembako dan kebutuhan lainnya kepada para korban bencana alam gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5.8 di Mamuju Sulawesi Barat. 

Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadisoenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono mengatakan, pengiriman dilakukan dengan mengerahkan satu kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) KRI Makassar-590 dari Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya.

"Bantuan yang diberikan berupa beras, mie instan, gula, air mineral, selimut dan alat-alat kebersihan berupa sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, sikat gigi dan pempers untuk balita," ujar Julius, lewat keterangan, Minggu (12/6/2022). 

Julius mengungkapkan, pihaknya akan mempercepat proses penanganan dan distribusi bahan bantuan bagi korban bencana alam di Mamuju.

Perjalanan ke Kabupaten Mamuju diperkirakan memakan waktu selama dua hari. 

Nantinya, setelah tiba di Mamuju, kata Julius, bahan bantuan akan diserahkan langsung ke masyarakat Kabupaten Mamuju. 

"Selain itu TNI AL melalui Dinas Kesehatan Koarmada II juga menurunkan Personel Tim Medis serta obat-obatan yang dibutuhkan bagi masyarakat Mamuju," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, telah terjadi bencana Gempa Bumi dengan skala 5.8 magnitudo yang mengguncang Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (8/6/2022) sekitar Pukul 13.32 Wita. 

Lokasi gempa terletak pada koordinat 2.74 LS dan 118.54 BT. Atau tepatnya berlokasi di 43 kilometer arah barat daya Kabupaten Mamuju, pada kedalaman 10 kilometer. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar