Harga Migor Curah di Tangerang Masih di Atas HET

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwo Nudroho memantau harga minyak goreng curah di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Selasa (24/5/2022).(Foto: RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Tangerang: Personel Kepolisian Tangerang terjun langsung ke lapangan untuk memastikan minyak goreng curah dijual satu harga sesuai yang ditetapkan pemerintah.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, pihaknya melakukan pemantauan ke sejumlah toko dan ritel yang menjual minyak goreng kemasan eceran di pasar-pasar tradisional maupun modern di wilayah Kota Tangerang.

"Mengantisipasi kenaikan harga minyak goreng curah kami (Kepolisian, red) bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang melakukan pengecekan ke Pasar Anyar hari ini, apakah terjadi kenaikan HET (Harga Eceran Tertinggi, red) yang sudah ditentukan oleh pemerintah," ungkap Zain kepada RRI.co.id, Selasa, (24/5/2022).

Kapolresta Tangerang Kabupaten, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma mendatangi salah satu penyalur migor curah di Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Selasa (24/5/32022).(Foto: RRI/Saadatuddaraen)

Lebih lanjut, terang Kapolres, dalam pantauan yang dilakukan bersama jajarannya, masih ditemukan kenaikan harga yang variatif, ada yang menjual dengan harga Rp16 ribu, Rp17 ribu hingga Rp19 ribu per liternya. Padahal pemerintah sudah menetapkan HET minyak goreng curah dijual dengan harga Rp14ribu per liter.

"Ini akan kami telusuri mengapa bisa terjadi. kami juga mendapati adanya kendala terkait pendistribusian yang lambat dan semua terpusat di agen. Jadi pada saat pengecer mengambil ke agen harga nya sudah di atas HET. ini juga yang akan kita cari tahu penyebabnya," jelasnya.

Langkah selanjutnya, sambung Zain, pihaknya aka terlebih dahulu berkoordinasi dengan dinas terkait, tentang langkah dan pengawasan apa yang akan diambil guna memastikan minyak goreng curah dijual satu harga sesuai yang ditetapkan pemerintah pusat.

"Semua akan kita rapatkan terlebih dahulu bersama pemerintah daerah, supaya ada kesamaan langkah dan tindakan," pungkasnya.

Terpisah, Kapolresta Tangerang Kabupaten, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma mendatangi salah satu toko di Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Selasa (24/5/2022). 

Toko yang disambangi merupakan toko distributor minyak goreng. Romdhon mengatakan, kegiatan pengecekan merupakan tindak lanjut dari arahan pemerintah yang disampaikan melalui Zoom meeting. Arahan yang dimaksud adalah agar segenap jajaran melakukan upaya untuk mengendalikan harga dan stok minyak goreng khususnya di Pulau Jawa.

"Jadi kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari arahan pemerintah untuk pengendalian harga minyak goreng di Pulau Jawa," kata Kapolres.

Romdhon mengaku, dari hasil pengecekan, di wilayah Kabupaten Tangerang, harga dan stok minyak goreng masih terkendali.

"Alhamdulillah untuk wilayah Kabupaten Tangerang, sudah sesuai harga eceran tertinggi dan stoknya dari distributor siap untuk menyalurkan," ucapnya.

Meski demikian, Romdhon menyebut pihaknya akan selalu melakukan monitoring harga dan ketersediaan minyak goreng. Hal itu agar tidak terjadi lonjakan harga minyak goreng atau terjadi kelangkaan stok minyak goreng.

"Kami akan terus monitor, akan terus pantau, mudah-mudahan harga dan stok stabil," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar