Puluhan Kendaraan Ditertibkan dalam Operasi Lintas Jaya

Petugas Dinas Perhubungan yang mengangkut motor parkir liar di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (17/5/2022). Foto: Ryan Suryadi/RRI

KBRN, Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menertibkan puluhan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat karena melakukan parkir liar, saat Operasi Lintas Jaya di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara Harlem Simanjuntak mengatakan, kendaraan yang ditindak lantaran pemiliknya parkir di atas trotoar dan bahu jalan hingga berpotensi menyebabkan kemacetan arus lalu lintas.

"Kami sebelumnya telah memberikan imbauan untuk tidak parkir sembarangan, akan tetapi tidak diindahkan. Sehingga kami melakukan penegakan hukum," kata Harlem kepada wartawan di Jakarta hari ini.

Operasi Lintas Jaya melibatkan unsur gabungan dari Kepolisian, TNI, dan Dinas Perhubungan, menyisir dua lokasi yaitu Jalan Yos Sudarso tepat di depan Apartemen Sunter Park View Tanjung Priok, dan Jalan Pluit Raya Penjaringan.

Harlem menyebut sebelas sepeda motor diangkut ke Kantor Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara akibat pengemudi parkir kendaraannya di atas trotoar depan Apartemen Sunter Park View Tanjung Priok

Begitu pun lima kendaraan roda empat lainnya diderek ke Kantor Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara di Jalan Pluit Raya, Penjaringan.

Sedangkan delapan kendaraan roda empat lainnya ditindak dengan Operasi Cabut Pentil (OCP).

"Kami akan terus melakukan upaya-upaya penertiban dan penindakan di lapangan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dengan mengedepankan cara persuasif dan humanis," ungkapnya.

Dipastikannya, petugas kepolisian membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) untuk memberikan sanksi tilang terhadap pengendara yang melanggar aturan tersebut.

"Kami berharap pengendara lebih disiplin memarkirkan kendaraannya di lokasi sesuai aturan. Dengan begitu, mereka akan tidak mengganggu pengguna jalan lain dan tidak menimbulkan kemacetan arus lalu lintas," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar