Mutasi Besar Pati Mabes TNI

Mayjen Kunto Arief Wibowo. (Dok.Ist/TNI)

KBRN, Jakarta: Gerbong mutasi dan promosi di lingkungan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) dan tiga matra kembali bergulir.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memutasi 328 perwira tinggi (pati) TNI melalui Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Di antara yang diganti adalah Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi dari Mayjen Agus Subiyanto digantikan Mayjen Kunto Arief Wibowo.

Jika Agus Subiyanto dipromosikan sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), maka Kunto sebelumnya merupakan Panglima Divisi 3/Infanteri (Pangdivif) Kostrad.

Kunto merupakan putra dari Jenderal (Purn) Try Soetrisno, wakil presiden ke-6 Republik Indonesia, dan sekarang menjabat Wakil Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Posisi ditinggalkan Kunto akan diduduki oleh Brigjen Dwi Darmadi--sebelumnya merupakan Inspektur Kodam (Irdam) XVI/Pattimura.

Otomatis Dwi akan mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi saat resmi menjabat Pangdivif 3/Kostrad.

"Mutasi dan promosi itu diteken di Jakarta pada Jumat malam WIB," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Prantara Santosa di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Dalam surat keputusan itu juga memuat 28 jabatan baru di lingkungan TNI.

"Hal itu telah diamanatkan dalam Perpes Nomor 66 Tahun 2019," kata Prantara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar